Selasa, 07 Agustus 2012

Flora & Fauna

Hari Minggu kemarin, lebih tepatnya tanggal 5 Agustus gue nemenin tante gue datang ke pameran flora fauna yang berlokasi di lapangan Banteng. Acara pameran ini diselenggarakan setahun sekali, dan waktunya hampir bersamaan sama dibukanya PRJ, beda hari aja. Setiap tahun gue selalu datang, ini kali ketiganya gue datang, sebelum - sebelumnya setiap kali gue kesini pasti pulangnya selalu bawa binatang. Dua tahun yang lalu gue, tante gue, sama ade gue ke pameran ini, ade gue pengen beli kelinci kecil, dan akhirnya kebeli. Ade gue ini emang doyan pelihara binatang, sebelumnya dia pernah piara kuskus, jangkrik, tikus putih, kodok, hamster, marmut, berbagai macam ikan yang aneh - aneh, dan ayam. Paling berkesan sebenarnya adalah saat pelihara ayam, gue ingat dulu dia beli ayam pas masih SD, pulang sekolah dia nenteng - nenteng kandang ayam yang berukuran kecil yang didalamnya ada anak ayam nya satu ekor, yappp anak ayam gaul yang dijual abang - abang pakai panggulan, yang di cat warna warni itu loh. Dia beli, dan belum ngerti bagaimana melihara binatang, tuh ayam tiap hari dipegang - pegang, diangkat - angkat, daannn mati dalam hitungan hari. Dia nangis. Tante gue akhirnya beliin dia anak ayam lagi sepasang, warna merah sama ijo, tapi harus dipelihara, jangan dipegang - pegang, adek gue ngangguk ngerti.
Itu ayam ditaruh di kandang, dikasih makan, gak pernah dipegang, dan sekian lamanya waktu berlalu tuh ayam gak mati - mati, semakin gede dan warna bulunya sudah mulai memudar karena ayam itu sendiri pun udah makin besar ukurannya. Merasa sukses memelihara ayam eh tante gue yang jadi demen, dia nambahin dua ekor ayam lagi. Benar - benar diurus, terus dilepas gitu. Dan sukses loh jadi ayam jago, wow! pertama kalinya kita sukses melihara binatang.
Gue juga punya hobi pelihara binatang, jamannya SD gue suka beliin keong warna warni yang dijual di depan sekolah, terus gue juga suka beli kadal. Dulu kadal hewan favorit banget deh di sekolah gue, banyak banget yang beli termasuk gue. Gue pegang - pegang, ditaruh di tangan. Gak ada yang berani megang itu kadal di rumah selain gue. Agak aneh emang peliharaannya.
Satu - satunya hewan yang sangat ingin gue pelihara itu anjing, tapi gak pernah dikasih, gue sering dikasih anak anjing tapi gak ada satupun yang boleh dipelihara. Sedih memang :(

Di pameran flora & fauna tahun lalu ade gue kembali beli sepasang kelinci bulu karpet yang super imut, agak berhasil dia pelihara, rencananya mau dikawinin tapi gak kawin - kawin mereka. Kemudian tiba - tiba si cewe nya mati. Adek gue minta beli kelinci cewe lagi buat si cowo, kali ini kelincinya jenis lain dan berbulu coklat, dan yaaapp mati lagi. Mungkin si kelinci cowok udah depresi kali ya dua pasangan hidupnya mati semua, akhirnya saat adek gue beli kelinci cowo yang ukurannya lebih kecil dari kelinci yang pertama eh mereka intim sekali -___- kelinci gue homo, mati gue.



















Kalo gue sama adek gue freak banget sama binatang, nah tante gue ini addict banget sama tanaman. Tanaman jenis apapun dia suka. Itu adalah salah satu alasan kenapa dia gak pernah absen satu kalipun di pameran flora dan fauna ini.
Di loteng atas rumah gue isinya penuh sama tanaman2 dia di pot, dan gue gak hafal jenis - jenisnya. Sampe suatu waktu om gue ngoceh, "tanaman banyak banget diatas, banyak nyamuk tau gak!" hahahaha gue ngakak.
Tahun inipun gue pergi ke pameran lagi sama tante dan adek gue, gue sama adek gue sih ngeliatin fauna nya, disana ada berbagai jenis anjing, kelinci, burung hantu, kucing, ayam kate, ular, kodok, kura - kura, burung, keong, monyet, dan masih banyak lagi. Kita mencar, tante gue ke bagian flora. Setelah itu kita bertemu lagi kemudian makan. Seperti itulah kurang lebih rutinitas kita. Tante gue beli tanaman lagi, entah tanaman apa itu. Tante gue ini juga tangannya suka usil, kalo dia lihat ada tanaman bagus dan unik di pinggir jalan, dia suka cabutin. Yang ini jangan ditiru ya sodara - sodara. Pas di pameran juga begini, banyak yg tanaman liar di pinggiran dia cabutin -__-
Nah, hari Minggu kemarin adalah penutupannya, tante gue ini ajakin gue kesana lagi dengan alasan MAU CABUT TANAMAN YANG KEMARIN GAK SEMPET DIA CABUT. Wow, alasan yang bagus sekali.
Akhirnya gue temenin dia, kita kesana naik bajaj jam setengah 7 malam, udah gelap - gelap gitu sampai disana. Ternyata tanaman yang mau dia cabut udah gak ada, karena udah dirombak semuanya. Ya, akhirnya mau gak mau kita jalan ngider - ngider disana dan tante gue ketemu tanaman yang menarik buat dia, itu tanaman udah dihargain Rp 10.000 karena udah hari terakhir dan masih aja ditawar sama dia Rp 5000, stress. Iseng sangat dia. Hahahaha..
Gak beberapa lama kita pulang naik bajaj lagi, abang bajaj nya ini agak bawel sepertinya, sepanjang perjalanan ngomong mulu dan tante gue gak kalah bawelnya.

"Abis liat pameran ye ci? rame di dalem?" Kata si abang bajaj gaul.

"Iya bang, beuh rame banget. Semua dijualin, hari terakhir nih. Tadi ada pohon duren, sirsak, mangga, jambu, semuanya ada. Murah - murah!", jawab tante gue kayak orang bener (perasaan gak ada pohon begituan di dalem)

"Ah yang bener ci?? Ada pohon duren? Ada durennya juga?" Si abang mulai noleh - nolehin kepala ke belakang tanda tertarik akan pembicaraan yang berlangsung.

"Ada, banyak banget durennya, tapi kecil - kecil. Murah banget bang, semua nya dimurahin. Tadi aja ada tanaman dua ratus ribu jadinya dijual cuma lima puluh ribu. Saya mau beli tapi gak ada mobil. ntar susah bawanya"

"Wah kalo ada pohon duren tadinya saya mau beli ci! masih ada nih sekarang?"

"Udah abisssss.. diborong semua tadi pake mobil tuh. Saya juga datengnya telat, tadi kan saya lagi olahraga malem jalan kaki sama cucu (gue dibilang cucu, ckckckck), eh liat ada rame - rame disitu jadinya saya samperin deh, kalo tau sih saya udah dateng tuh dari siang".
Gue mesem - mesem aja dah denger si tante ngomong. Ya kali olahraga geje lari - lari di malam hari pake sendal.

Obrolan berlangsung seru, tante gue ngoceh mulu sepanjang jalan. Sampai akhirnya si abang bajaj ngomong "Nih enteng banget perasaan bawa bajajnya, kayak gak ada dosanya. Tuh enteng bener nih...."

"Wah iya dong bang, bawa saya mah enak, enteng banget kayak gak ada berat", kata tante gue sambil ketawa - tawa gitu.

"Iya, kayak gak ada dosanya, apa gak ada dosanya yah??"
Hahahaha, ngakak bener gue sama si abang.

Sepanjang perjalanan si abang ini cerita kalo anaknya ada empat orang di kampung, tapi yang dua udah lulus kuliah dan kerja, yang dua lagi masih kecil, orang - orang pada gak nyangka kalo bapakanya cuma sopir bajaj. Yang penting anak kita berhasil. Gitu katanya.
Wow hebat sekali si abang ini. Terus dia bilang, sebenarnya yang penting dalam hidup itu usaha sama jujur.

"Kejujuran adalah mata uang yang berlaku",  katanya lagi.

Eh gileee..gue dapat quotes dari seorang abang bajaj. Bagus kan quotes nya? :)
Setelah dia ngomong kayak gitu bajajnya berhenti, yap, udah sampe rumah gue.
Bye - bye abang bajaj yang bijaksana. wkwkwkwk..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar