Senin, 06 Agustus 2012

Cinta itu rumit sodara - sodara :)

Sadar gak sebenarnya siklus kehidupan kita ya cuma begitu - begitu aja? Siklus percintaan juga sama. Asing - Kenal - Berteman - Berteman dekat - Suka - Pacaran - Putus - dan Asing kembali. Betul?
Segala sesuatu ada masanya, apabila hari ini kita bahagia mendapatkan orang yang kita cintai, kita juga harus siap apabila suatu hari kita harus berada pada suatu situasi dimana kita harus melepaskan orang tersebut.
Ada yang bilang jangan jatuh cinta dulu kalau belum siap patah hati. Gue rasa itu benar.
Gak usah yang ngalamin putus cinta, cinta yang gak bersambut rasanya udah ngenes loh. Sebelum gue ngerasain pacaran gue selalu bilang kalo hal yang paling menyakitkan dalam hidup adalah perasaan yang gak berbalas, karena ya gue sering lah ngerasain itu dulu (jaman SMP, SMA , hahaha)
Tapi satu temen gue bilang ke gue kalo yang paling menyakitkan itu ya putus cinta. Gue yang saat itu masih kelas 2 SMA agak kurang sependapat dengan teman gue itu, gue berpikir seenggaknya kalo putus cinta itu lu masih dikasih kesempatan buat bisa memiliki dia, itu jauh lebih mending dibanding cinta yang gak berbalas, boro - boro memiliki, punya perasaan yang sama aja enggak. Itu di pikiran gue saat itu. Tapi terus temen gue ini bilang "Nanti kalo lu udah punya pacar pasti lu ngerti".

Setelah ngerasain punya pacar akhirnya gue menyatakan kalo gue sangat setuju sama temen gue itu. Jauh lebih sakit melepaskan seseorang yang udah sekian lamanya ada sama kita, yang dulu perhatiannya ada buat kita, dan harus menerima keadaan bahwa orang itu sudah beralih pada hati orang lain. Yang dulu ada di sebelah kita, sekarang adanya di sebelah orang lain. Hehehe.. Ternyata kita gak bisa mengukur rasa sakit dengan hanya satu kali cobaan, harus ada perbandingannya. Dan ini kebukti pada gue.
Kalo pada saat ini lu sedang mempunyai pacar, lu harus tanamkan baik - baik dalam diri lu kalo lu hanya dipinjamkan untuk sementara waktu, sehingga pada saatnya nanti lu harus kehilangan ya lu bisa melepaskan dengan lapang dada.
Perasaan yang ada dalam diri seseorang juga sifatnya gak abadi, jadi jangan terlalu yakin pacar akan selamanya sayang terus ke kita. Karena cobaan diluar sana itu banyak.
Salah seorang teman kampus yang beda dua tahun diatas gue pernah bilang ke gue "Masa kuliah itu berat Mar, beda sama waktu SMA. Kalo SMA daerah lingkup kita ya itu - itu doang, setelah kita masuk kuliah kita bakal ngeliat dan kenal dengan berbagai macam teman yang jauh lebih baik tentunya, mata kita jadi makin kebuka. Dan biasanya kalo bisa lewat masa kuliah itu yaa bisa sampai married".
Itu kata - kata masih gue ingat, dan ternyata emang benar loh.

Terus tante gue sering kasih nasihat ke gue gini  "Nanti kalo lu punya pacar sebisa mungkin jangan punya hutang budi ke dia, sebisa mungkin jangan, soalnya nanti kalo suatu hari lu putus dan putusnya itu gak enak (gak baik - baik) kejelekan lu bisa diungkit sama dia, dan hutang budi lu itu bakal terus diinget sama dia"
Nasihat itu juga masih gue inget sampai sekarang. Banyak banget nasihat yang gue dapetin.
Beberapa minggu yang lalu adik gue pergi ke Puncak sama keluarga cowoknya, seperti biasa karena orangtua gue gak tinggal sama kita ya dia harus minta ijin dong. Biasa adik gue kirim message lewat facebook, kemudian malamnya biasa nyokap langsung telepon ke rumah.
Adik gue diinterogasi pergi sama siapa aja, kemana aja, ngapain, bla3. Gue gak dengerin pembicaraan mereka, gak begitu lama sepertinya. Dan akhirnya telepon ditutup. Adik gue menghampiri gue, lalu ngomong "Eh ci, lu tau gak tadi papi bilang apa?" ya jelas gue gak tau dong, kan gak tau pembicaraan mereka.
Terus adik gue menirukan apa yang bokap gue omongin ke dia, "De, kamu kalo pacaran jangan terlalu akrab gitu ya, ke puncak sama keluarganya segala, ntar kalo putus kayak si cici kan sakit",
dan setelah ngomong begitu adik gue pun ngakak "Kocak loh si papi bawa - bawa elu segala!"
JLEBB di gue....... -___-
Pi..pi, luka lama gak usah dibuka gitu juga kali...

Oya, pas cici sepupu gue mau married, tante gue ngomong ke dia kalo pacaran sama nikah itu beda, jangan dikira sama, kalo pacaran itu pacar lu bakal maniiis banget ke elu, istilahnya kalo lu jatuh wah pasti langsung dibantu bangun terus dia bilang "hati - hati ya sayang", nah kalo nanti menikah jangan terlalu mengharapkan suami lu bakal selamanya manis kayak gitu, paling kalo jatuh ntar lu diomelin "makanya kalo jalan hati - hati!". Yang namanya hidup udah serumah itu segalanya beda, mungkin tahun - tahun awal belum berasa, tapi nanti pasti ada perbedaannya, nah makanya elu sebagai istri harus mandiri, jangan tergantung sama suami. Gue mendengarkan dengan sangat saksama perkataan tante gue itu. Nasihat ini mirip sama yang dulu guru olahraga gue kasih.

Setiap hubungan pasti memiliki titik jenuh, bukan hanya karena faktor bosan saja, tapi karena kandungan zat kimia di otak yang mengaktifkan rasa cinta itu sudah habis. Gue pernah baca buku katanya telah ditemukan sebuah penelitian di Meksiko yang mengatakan hormon cinta hanya bertahan selama 4 tahun saja. Karena tidak ada cinta yang benar - benar murni setelah 4 tahun, yang tersisa hanyalah emosional dan dorongan seks.
Jadi dikatakan harus bersiap - siap menerima kemungkinan yang terburuk dari sebuah hubungan setelah melewati masa 4 tahun.
Menurut gue hal ini kembali tergantung pada yang menjalaninya, gue rasa gak semua orang itu sama. Mungkin rasa bosan pasti ada, tapi biarkan Tuhan aja yang mengatur, toh jodoh di tangan Tuhan. Kalo Tuhan udah berkehendak, hubungan lebih dari 4 tahun pun bukanlah masalah :)

Pada intinya persepsi setiap orang terhadap cinta itu berbeda - beda. Karena cinta itu proses, kita gak bisa kenal cinta kalo bukan kita sendiri yang mengalaminya, kita gak bisa meyakinkan orang kalo jatuh cinta itu indah sementara dia belum merasakan cinta terhadap seseorang, dan kita juga tidak bisa bilang cinta itu sakit sebelum orang terebut belum merasakan apa yang kita rasain.

Quote of the day : "Cinta itu RUMIT" :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar